3.5.11

Kompor Listrik Sederhana

     
     Kali ini aku mau sharing tentang cara pembuatan kompor listrik sederhana. Barangkali buat adek-adek kelas X yang taun depan bakal disuruh bikin proyek fisika sederhana , ini adalah salah satu jalan alternatifnya. 

KOMPOR LISTRIK SEDERHANA

 
Alat dan Bahan :

  1. Tungku dari tanah liat
  2. Batu bata
  3. Kabel
  4. Kawat/kumparan
  5. Cat
  6. Cutter/gunting
  7. Saklar
  8. Plug in 



Langkah kerja


1.   Membentuk tanah liat menjadi sebuah wadah atau bisa dengan membeli jadi.
2.   Kalo udah dalam bentuk tungku , silahkan bisa dicat sesuka hati


 
3.   Memotong batu bata berbentuk persegi dengan ukuran sesuai wadah.
4.   Membuat alur alur diatas permukaan batu bata berbentuk bulat dengan alur alur seperti
      labirin.
5.   Kemudian masukkan kawat atau kumparan didalam lengkukan-lengkukan di atas
      permukaan batu bata tadi.



6.   Memasang kabel  beserta plug in untuk dihubungkan ke listrik 


7.   Memasang lampu pada bagian bawah tungku sebagai indikator kompor menyala atau
      bisa langsung digantikan dengan saklar yang sudah otomatis terpasang indikator warna
      merah


8.   Menghubungkan kompor listrik dengan listrik.


kumparan akan menyala


Ini yang udah jadi
     Nah udah jadi deh kompor listrik sederhananya. Kompor ini merupakan penerapan dari prinsip induksi listrik dan perubahan energi. Cara bekerja kompor listrik prinsipnya sangat sederhana yakni cukup menghubungkan kompor listrik ini ke listrik. Dengan begitu, kompor pun dapat memasak apapun maupun memanaskan air. Cara kerja seperti ini menerapkan hukum fisika yaitu perubahan energi listrik menjadi energi panas.

    Alat yang mengubah nergi listrik menjadi energi panas di lengkapi dengan elemen pemanas. Listrik yang mengalir melalaui elemen pemanas di ubah menjadi energi panas. Elemen pemanas terbuat dari bahan yang mempuyai tahanan tinggi, sehingga listrik yang mengalir melalui bahan tersebut berubah menjadi panas. Peralatan ini memanfaatkan kawat yang memiliki hambat jenis besar, misalnya kawat nikelin atau nikrom.

      Satu lagi hukum fisika yang diterapkan yakni induksi listrik. induksi listrik adalah fenomena terjadi tegangan listrik ataui arus listri pada suatu konduktor yang disebabkan oleh pengaruh medan magnet yang timbul akibat adanya arus listrik yang mengalir pada konduktor lain.
Okee, sekian penjelasan tentang cara pembuatan kompor listrik sederhana dari saya (dan kelompok saya) Semoga bermanfaat :D

19 komentar:

  1. gimana caranya membuat seutas kawat lurus sepanjang 50 cm diametre 1 mm menjadi sebuah bara dengan listrik tentunya..?

    BalasHapus
  2. apakah saat di colokan ke listrik tidak mengalamikorsleting?,

    bagaimana kalo bahan kita ganti dengan kawat tembaga?,

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak korslet sebab ada tahanan (resistor) berupa lilitan kawat

      Hapus
  3. tapi gimana cara kita melihat besar watt dia gan,,,,,,?

    BalasHapus
  4. ada yang tau ndak , cari kumparannya dimana ?
    kalau tau tolong bantu saya 085 707 321 820 , makasih..,

    BalasHapus
  5. pakai bekas mekjigkom aja atau beli elemen mekjigkom di sokaraja ada,, malahan lebih efektif

    BalasHapus
  6. Hampir bisa gan ,tp kawat yg ane pake kurang panjang kyakny (sok tau) haha :D

    BalasHapus
  7. Kawat tersebut pakai kawat nikelin yang dibeli di toko komponen dinamo. Untuk menghitung Daya gunakan rumus P = V.I atau P = V*V*R
    P adalah daya sedangkan V adalah 220V dan R diukur hambatan kawat nikelin tersebut. Semoga membantu

    BalasHapus
  8. Oh yah, JANGAN pakai kawat tembaga yah, dijamin pasti konslet karena kawat tembaga memiliki resistansi sangat kecil. pakai kawat Nikelin yang memang digunakan untuk kompor listrik.

    BalasHapus
  9. alu minta nomer hpmu akupunya ide gila tapi lebih keren dari buatanmu, tau cara membuat elemen itu dalam bungkus pipa gak, biar bisa berbentuk tapal kuda 550 watt 10 Ampere nomer hpku 085729135093 tanpa nyetrum kalau di masukan cairan?

    BalasHapus
  10. kalau bisa buat alat elemen dalam pipa sms aku yah 085729135093

    BalasHapus
  11. maaf barangkali ada yg bisa modifikasi utk membuat pemanas tenaga listrik (k0mpor listrik) tp model memanjang kira" 100cm. dan suhunya bisa di atur tolong hub sy di 081249251177 trims

    BalasHapus
  12. _0m ,, kawat nya pke kawat email atw kawat biasa ? ..

    BalasHapus
  13. Yg butuh kawat nikelin atau mau modifikasi prangkat pmanas bisa hbungi saya..
    082119271717 (sms only).

    BalasHapus
  14. Mau tanya gan,kalau untuk kawat pemanasnya bisa di gulung berapa meter yah dan harus berapa hom/(R)nya .makasih

    BalasHapus
  15. pake bahan bekas solder untuk pemanasnya bisa ga ya?

    BalasHapus

Makasih banyak yaa buat yang udah baca :)
Makasih juga yang sudah comment :D